Korban Gempa Jadi Inspirasi 2 Siswa ini

Korban Gempa Dijadikan Inspirasi 2 Siswa MTs Negeri 5 Sragen

Inspirasi bisa datang darimana saja, termasuk 2 siswa MTs Negeri 5 Sragen ini terinspirasi oleh banyaknya korban yang ditimbulkan dari gempa bumi. Para korban gempa bumi ini banyak yang meninggal bukan hanya karena tertimpa bahan bangunan dari atas namun juga karena kurangnya penanganan secara cepat dari tim evakuasi.

Hal ini terjadi karena para tim evakuasi kesulitan untuk mencai korban gempa yang masih hidup yang tertimbun diantara puing-puing bangunan yang jatuh. Kedua siswa ini berfikir jika penanganan pasca bencana bisa dilakukan dengan cepat, artinya korban gempa yang masih hidup bisa ditemukan dengan segera maka korban gempa akan bisa diselematkan lebih banyak.

Berawal dari ide tersebut, kedua siswa MTsN 5 Sragen ini membuat alat untuk mendeteksi korban gempa yang masih hidup. “Kami berfikir sederhana saja, orang yang masih hisdup dan mati terdapat pebedaan pada suhu tubuhnya. Orang yang masih hidup memiliki suhu badan yang hangat sehingga terciptalah alat sederhana kami”, ujar Sabela salah satu peserta yang ikut membuat alat ini.

Berbeda dengan rekannya, Dina menuturkan meskipun alat ini terlihat cukup sederhana, dengan terdiri dari tongkat PVC, sensor termal, arduino nano, motor servo, jumper waer, dan kamera endoscope, beberapa alat tersebut dihubungkan ke smartphone sehingga bisa mendeteksi sensor termal manusia namun fungsinya sangat bermanfaat bagi penyelamatan korban gempa yang masih hidup.

Kesulitan tentu akan ditemukan dalam proses pembuatannya, namun karena pihak sekolah sudah bekerjasama dengan Robota sebagai pengampu untuk kegiatan Ekstrakurikuler Robotik disekolahnya maka pembuatan alat ini menjadi lebih mudah. Pembibingan pembuatan alatpun dilakukan secara intensif, mulai dari perakitan, pemrograman dan sampai pada fungsi alat.

Keaktifan dan kesukses mereka dalam membuat alat tidak lepas dari dukungan yang sangat besar yang diberikan pihak Madrasah kepada siswanya. Keinginikutsertaan mereka dalam ajang ini sudah sangat dinanti-nanti karena pihak sekolah sudah siap karena sekolahnya sudah memiliki kegiatan ekstrakurikuler robotik.

Terbukti sudah, dengan kemampuan alat untuk mendeteksi korban gempa yang masih hidup yang sudah mereka buat dan dengan dari awal serta kemampuan presentasi yang benar-benar luar biasa kedua siswa ini mampu meraih juara kompetisi robotik madrasah 2018 yang diselenggarakan oleh Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.

Tidak tanggung-tanggung yang mereka proleh. Alat pendeteksi korban gempa yang masih hidup ini yang diberi nama “Life Detector” mampu meraih 2 penghargaan sekaligus yaitu Juara 1 Best Presentation dan Juara 3 Best Original idea.

“Ini adalah salah satu contoh bahwa ide sederhana bisa diterapkan untuk hasil yang sangat bermanfaat. Disinilah kami mendidik siswa kami untuk kreatif dalam berfikir untuk menemukan alat-alat baru yang bermanfaat untuk kehidupan terutama untuk mengurangi korban gempa yang sering terjadi di Indonesia”, ujar Ananta Dwi Rajasa, direktur Robota

Berkat bimbingan selama ini oleh Robota dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler robotik, MTsN 5 Sragen ini mampu meraih 2 penghargaan sekaligus, Ananta juga mengajak kepada seluruh kepala madrasah atau kepala sekolah untuk ikut bersama-sama dengan kami mengembangkan ilmu robotika disekolahnya masing-masing. Anda bisa menghubungi dinomor 08562826541, anda bisa melihat-lihat para Juara Lomba Robot anda bisa klik disini

News & Events Terbaru

Cara Daftar Paytren Pendaftaran Merek Toko Bunga Murah Cuci Sofa Murah Pendaftaran Bisnis Paytren Pendaftaran Bisnis Paytren Treni Pendaftaran Bisnis Paytren Pendaftaran Bisnis Paytren Bisnis Paytren Cuci Sofa Jakarta Bekasi Cara Daftar Paytren Pendaftaran Bisnis Paytren Jual Genset Murah Daftar Paytren Jasa Pembasmi Rayap Jasa Ekspedisi Manado Promo Diskon Suzuki Surabaya Tempat Daftar Paytren Resmi Jual Obat Herbal Alami Cara Daftar Paytren dan Tempat Bimbingan Daftar Paytren Resmi Jual Kayu Dolken gelam Murah Pendaftaran Merek Dagang Distributor Fiberglass Murah Rental Multimedia Toko Bunga Surabaya Murah Percetakan Murah Tukang Taman Surabaya Green Bay Pluit Sparepart Aerators Rental Mobil Jogja Toko Mainan Kayu Edukasi Anak Jasa SEO Murah Pipa HDPE Rental Mobil Mewah Sewa Alat Berat Pendaftaran Paytren Raja SEO Bisnis Baru Kubus Apung Dermaga Apung Jasa Huruf Timbul Destinasi Wisata Peluang Bisnis Baru Bitcoin Mining Jasa Prewedding Trading Forex Sewa Mobil Rental Mobil Mobil Murah Toko Bunga Florist Surabaya
Home | Tentang Kami | Kursus & Pelatihan | Tanya Jawab | Toko Robot | MAP
Copyright © 2017 ROBOTA. All Rights Reserved. Waralaba | Franchise | Kemitraan | Peluang Usaha