SKB Salatiga bekerjasama dengan LKP ROBOTA Membuka Kelas Robotik

SALATIGA-Awalnya terasa sulit merangkai atau merakit sejumlah komponen elektronika dan mekanik, menjadi sebuah benda bergerak yang dinamakan robot.

Namun, dengan ketelatenan dan kepercayaan diri, akhirnya puluhan anak-anak didampingi orangtuanya dibuat gembira, ketika robot-robot sederhana rakitan mereka, bisa berjalan atau bergerak. Ya, itulah tujuan kegiatan Workshop Robotik yang digelar Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Dinas Pendidikan Kota Salatiga di GOR Takraw Jl. Veteran, Minggu (26/8) pagi.

Peserta kegiatan itu adalah anak usia PAUD dan SD didampingi orang tua mereka. Dengan bantuan dari praktisi dengan metode singkat, serta teknik sederhana yang diajarkan Lembaga Kursus dan Pelatihan LKP Robota Surakarta, setiap peserta bisa menyelesaikan pembuatan robot tersebut.

Awalnya muncul kebingungan karena tidak mudah merangkai robot tersebut, bagian demi bagian. apalagi benda asing berupa peralatan mekanik dan elektronika itu harus dirangkai dengan benar dan jangan sampai salah. Robot sederhana yang dibuat adalah Jenis Robot Line Follower (bergerak mengikuti garis hitam)

Menurut, Ananta dari LKP Robota Surakarta, pelatihan itu diharapkan membuat anak merasa senang dan mudah membuat robot sederhana. “Dari yang sederhana ini akan muncul ide dari anak-anak itu untuk membuat robot yang lebih hebat lagi.” ujarnya.

Inovasi
Sementara itu, Ina Siah, Kepala SKB Dinas Pendidikan Salatiga mengungkapkan, workshop robotik terkait rencana SKB membuka kelas robotik. Respons masyarakat dalam pelatihan robotik itu sangat besar, dibuktikan dengan jumlah pendaftar mencapai 61 peserta. Diterangkannya, manfaat pelatihan membuat robot ini, sangat besar, karena sejak kecil anak-anak sudah memahami pembuatan robot sederhana.

Workshop dibuka oleh Kabid PAUD dan PNF Dinas Pendidikan M. Chamim, Menurut Chamim, terobosan yang dilakukan oleh SKB Salatiga merupakan upaya mengenalkan teknologi (robot) kepada anak usia dini. Diharapkan kedepan muncul generasi yang memiliki inovasi dan kreativitas tinggi, seperti mampu membuat robot. (H2-61)

liputan koran Suara Merdeka, terbit hari Senin, tanggal 27 Agustus 2018

SKB Salatiga bekerjasama dengan LKP ROBOTA Membuka Kelas Robotik

News & Events Terbaru

Home | Tentang Kami | Kursus & Pelatihan | Tanya Jawab | Toko Robot | MAP
Copyright © 2017 ROBOTA. All Rights Reserved. Waralaba | Franchise | Kemitraan | Peluang Usaha
Pendaftaran Bisnis Paytren Pendaftaran Merek Aplikasi Paytren Pendaftaran Bisnis Paytren Pendaftaran Bisnis Paytren Treni Pendaftaran Bisnis Paytren Pendaftaran Bisnis Paytren Bisnis Paytren Cuci Sofa Jakarta Bekasi Cara Daftar Paytren Pendaftaran Bisnis Paytren Jual Genset Murah Daftar Paytren Jasa Pembasmi Rayap Jasa Ekspedisi Manado Promo Diskon Suzuki Surabaya Tempat Daftar Paytren Resmi Jual Obat Herbal Alami Cara Daftar Paytren dan Tempat Bimbingan Daftar Paytren Resmi Jual Kayu Dolken gelam Murah Pendaftaran Merek Dagang Distributor Fiberglass Murah Rental Multimedia Toko Bunga Surabaya Murah Percetakan Murah Tukang Taman Surabaya Green Bay Pluit Sparepart Aerators Rental Mobil Jogja Toko Mainan Kayu Edukasi Anak Jasa SEO Murah Pipa HDPE Rental Mobil Mewah Ki SEO Pendaftaran Paytren Raja SEO Bisnis Baru Kubus Apung Dermaga Apung Jasa Huruf Timbul Destinasi Wisata Peluang Bisnis Baru Bitcoin Mining Jasa Prewedding Trading Forex Sewa Mobil Toko Bunga Florist Surabaya