24 Tim Ikuti Lomba Robotik

24 Tim Ikuti Lomba Robotik, SOLO – Kecintaan pada dunia robot terus meluas di kalangan pelajar. Sebanyak 24 tim dari wilayah eks Karesidenan Surakarta, DIY, dan Semarang ikut ambil bagian dalam Lomba Robotik yang merupakan rangkaian Festival Sains ke-3 yang digelar Yayasan Kalam Kudus Cabang Surakarta. Lomba itu digelar selama dua hari, Jumat – Sabtu (22-23/5) di SMP Kristen Kalam Kudus.

Lomba robotik kali ini sedikit berbeda jika dibandingkan dengan tahun lalu. Sebelumnya, peserta hanya diminta membuat program robot sedeharna, tahun ini mereka harus mulai dari perakitan, pemrograman hingga strategi.

Koordinator Lomba Robotik yang juga merupakan direktur Waralaba Robota Robotics School, Ananta Dwi Rajasa menyebutkan, peserta harus memperhitungkan rakitan robot yang menarik, tetapi tetap tangguh untuk melewati berbagai halang rintang yang disiapkan di medannya. Masing – masing rintangan punya poin tersendiri yang mempengaruhi nilai kumulatif tiap tim.

“Tahun lalu robot hanya diprogram untuk mengikuti garis saja, tetapi sekarang juga harus dipikir bagaimana strategi yang paling tepat. Apakah memilih mengambil poin besar dengan risiko tinggi atau sebaliknya,” ujar Ananta yang juga Direktur Sekolah Robotik Robota.

Rintangan itu, misalnya, harus melewati jembatan tetapi poinnya tertinggi, menghindari dinding dan mengikuti tanda lampu lalu lintas. Tim yang terdiri atas tiga orang itu mendapat alokasi waktu tiga menit dengan dua kali kesempatan dan diambil nilai tertingginya.

Apabila waktunya lebih dari yang ditentukan, maka dikenakan pinalti sesuai ketentuan. Pemenang pertama akan diusulkan untuk ikut Indonesia ICT Award di Jakarta, Juni mendatang.


News & Events Terbaru

Home | Tentang Kami | Kursus & Pelatihan | Tanya Jawab | Toko Robot | MAP
Copyright © 2017 ROBOTA. All Rights Reserved. Waralaba | Franchise | Kemitraan | Peluang Usaha
Raja SEO Murah Jasa SEO Murah Pipa HDPE Ki SEO Rental Mobil Mewah Pembesar Penis Bisnis Baru Pendaftaran Paytren Distributor Pipa HDPE Promo Mobil Honda Solo Peluang Usaha Baru Peluang Bisnis Baru Jasa Prewedding Bitcoin Mining Trading Forex