Robota Maze Solving Robot Championship

Kompetisi robot yang sangat meriah tersaji di Robota Robotics School pada tanggal 12 September 2012. Acara yang bertajuk “Robota Maze Solving Robot Championship” ini mempertandingkan kompetisi robot kategori maze solving tingkat SD dan SMP se Soloraya.

Kompetisi diikuti oleh 9 tim yang merupakan perwakilan sekolah maupun peserta perseorangan. Diantaranya ada perwakilan dari SMP IT Nur Hidayah, SMP Kristen Kalam Kudus, SMP Al Abidin, SD Al Azhar Syifa Budi dan beberapa peserta yang ikut secara perseorangan.
Kompetisi dimulai pada pukul 14.00 WIB dan sebagai pembuka acara ini, Bapak Trimanto selaku kepala cabang Robota Robotics School Solo menyampaikan bahwa kompetisi ini sengaja digelar untuk mengingkatkan kemampuan peserta dan menyiapkan peserta agar senantiasa mengikuti berbagai kompetisi robot yang ada.
Rangkaian acara berikutnya adalah kompetisi yang dimulai dengan sesi pemrograman dan pengujian robot oleh peserta selama 1 jam. Sesi ini berjalan sangat seru karena peserta sangat bersemangat untuk menguji robot dan juga strategi pemrograman yang telah mereka buat. Kadang terdengar teriakan kecewa apabila robot mereka gagal dan teriakan gembira saat robot mereka berhasil melewati jalur yang sudah mereka rencanakan sesuai dengan strategi.
Acara berikutnya adalah penilaian 1, peserta dipanggil satu per satu untuk menjalankan robot mereka pada track. Sistem penilaian pada kompetisi kali ini adalah kombinasi antara poin dan waktu dan juga pinalti untuk poin yang tidak diambil. Pada track ada 10 titik poin sehingga peserta harus memiliki strategi mengambil banyak poin dengan memakan banyak waktu atau lebih memilih efisiensi waktu dengan mengambil sedikit poin.
Ekspresi tegang peserta mewarnai sesi ini saat peserta menanti giliran penialaian maupun saat robot mereka melakukan penilaian, apakah robot berhasil melalui tantangan sesuai perintah ataukah malah gagal. Ada tim yang berhasil meraih banyak poin dan mencapai finish ada juga yang gagal mencapai finish. Teriakan gembira terdengar saat robot mereka berhasil mencapai finish.
Setelah sesi penilaian 1 peserta dipersilahkan untuk beristirahat selama 30 menit. Kompetisi dilanjutkan kembali dengan pemrograman sesi 2 dan penilaian sesi 2. Hasil dari penilaian 1 dan 2 akan diambil terbaik tiap peserta yaitu dengan nilai akhir terkecil.
Hasil kompetisi yang ditunggu akhirnya diumumkan oleh Bapak Trimanto. Juara untuk tingkat SD diraih oleh tim dari SD Al Azhar Syifa Budi (Naufal Izzudin Dyaksa, Alfin Lubbi Zodan, Nadhifa Salsabila)dengan hasil terbaik mengambil 4 poin, sedangkan juara  untuk tingkat SMP diraih oleh tim dari SMP IT Nur Hidayah (Luqman Hakim Naufal, Salman Abdurrahman, Farhan Palgunadi) yang berhasil menyapu 7 poin dan mencapai finish.
Pada saat penutupan, Bapak Trimanto menyatakan bahwa acara seperti ini akan rutin diadakan oleh Robota Robotics School untuk melatih teknik dan mental peserta saat mengikuti kompetisi robot dengan skala yang lebih besar. Kepada yang belum berhasil Bapak Trimanto juga menyemangati agar jangan menyerah dan terus belajar agar berhasil pada kompetisi selanjutnya.
Robota Maze Solving Robot Championship

News & Events Terbaru

Home | Tentang Kami | Kursus & Pelatihan | Tanya Jawab | Toko Robot | MAP
Copyright © 2017 ROBOTA. All Rights Reserved. Waralaba | Franchise | Kemitraan | Peluang Usaha
Sparepart Aerators Rental Mobil Jogja Toko Mainan Kayu Edukasi Anak Jasa SEO Murah Pipa HDPE Rental Mobil Mewah Ki SEO Pembesar Penis Pendaftaran Paytren Raja SEO Bisnis Baru Kubus Apung Dermaga Apung Jasa Huruf Timbul Distributor Pipa HDPE Promo Mobil Honda Solo Peluang Bisnis Baru Bitcoin Mining Jasa Prewedding Trading Forex