Puluhan Robot Adu Balap

Puluhan Robot Adu Balap, Robota Solo menggelar lomba balapan robot di car free day (CFD)

Jalan Slamet Riyadi, Minggu (6/5/2012)

TRIBUNNEWS.COM, SOLO – Robota Solo menggelar lomba balapan robot di car free day (CFD), Jalan Slamet Riyadi, Minggu (6/5/2012). Komunitas dan sekolah robotics ini menyiapkan sebanyak 10 robot yang bebas digunakan masyarakat. Bagi mereka yang bisa mengutak-atik robot hingga bisa melaju paling cepat, akan mendapatkan hadiah.

Sebuah papan kotak berukuran sekitar 2×2 meter diletakkan ditengah jalan, dijadikan sebagai sirkuit. Lintasannya berupa garis hitam yang berkelok-kelok sepanjang sekitar 4 meter.
Setiap robot harus bisa mengikuti alur garis itu secara tepat dan cepat dari start hingga finish. Lantaran jika dilihat sekilas mirip balapan tamia, para penonton kebanyakan adalah anak-anak.
“Robot saya tadi paling cepat. Waktu yang dibutuhkan dari start hingga finish adalah 10 detik + 20 milidetik. Setelah itu, tak ada robot lain yang bisa lebih cepat,” kata Hendri Kiswanto, salah seorang anggota robota yang ikut berpartisipasi.
Robot tersebut memang mirip mobil-mobilan, namun dilengkapi sensor agar bisa mengikuti alur warna. Jika saat melaju robot keluar dari alur warna hitam, maka dianggap gagal.
Untuk mencapai waktu paling cepat itu, Hendri mencoba robotnya di lintasan lima kali. Setiap kali menjajal, ia kemudian mengutak-atik robotnya untuk melakukan setting ulang. Kadang mengutak-atik bagian roda, sensor, hingga battrery. Setelah itu robot kembali diceburkan ke arena lintasan.
“Kalau habis melintas dan waktunya ternyata lama, biasanya yang bermasalah roda, sensor atau battery,” kata remaja 26 tahun ini berbagi tips.
Ananta Dwi Rajasa, owner Robota Solo mengatakan, balap robot di CFD adalah yang kali pertama. Ia ingin mengenalkan dunia robot pada masyarakat sekaligus mencari bibit-bibit baru.
“Karena baru pertama, kebanyakan yang jadi peserta tadi anggota komunitas. Tapi sebenarnya siapapun boleh ikut atau membawa robot sendiri,” katanya. Selanjutnya, lomba balap serupa akan rutin digelar tiap minggu di CFD.
Sumber (Anita K Wardhan, http://www.tribunnews.com/2012/05/06/puluhan-robot-adu-balap)

News & Events Terbaru

Home | Tentang Kami | Kursus & Pelatihan | Tanya Jawab | Toko Robot | MAP
Copyright © 2017 ROBOTA. All Rights Reserved. Waralaba | Franchise | Kemitraan | Peluang Usaha
Jasa SEO Murah Ki SEO Raja SEO